Sebarkan Tuduhan Kepada Presiden, Wartawan Korsel Dapat Ancaman Mati

- Kamis, 24 November 2022 | 14:16 WIB
Setiap jurnalis wajib mengetahui jenis-jenis wawancara sebagai panduan dalam melakukan reportase lapangan.      (Pixabay/Engin_Akyurt)
Setiap jurnalis wajib mengetahui jenis-jenis wawancara sebagai panduan dalam melakukan reportase lapangan. (Pixabay/Engin_Akyurt)

AYOVIBES.COM -- Polisi meluncurkan penyelidikan atas ancaman pembunuhan online terhadap reporter MBC, salah satu kantor media asal Korea Selatan, yang memiliki konflik dengan Presiden Yoon Suk-yeol dan sekretarisnya selama sesi wawancara harian presiden.

Pada Senin malam (20/11), sebuah postingan online berjudul "Saya akan memimpin dan membunuh reporter MBC" diposting di komunitas online sayap kanan Ilbe.

Penulis mengklaim mereka akan segera pergi ke gedung markas MBC dan mencelakai reporter yang bertengkar dengan Yoon dalam perjalanan ke kantor presiden pada Jumat pagi. Postingan tersebut telah dihapus.

Baca Juga: Harga Tiket Konser EVERGLOW Southeast Asia Tour Jakarta 2022

Postingan itu dilaporkan ke polisi oleh pengguna. Petugas Kantor Polisi Mapo Seoul dikirim ke markas MBC dan reporter direkomendasikan adanya tindakan perlindungan pribadi. Wartawan yang diancam, akan memakai alat pelacak lokasi untuk sementara waktu, dan polisi akan memperkuat patroli di dekat gedung MBC. Alamat IP penulis sedang dilacak oleh Kantor Polisi Busan Dongbu.

MBC telah menjadi sorotan setelah keputusannya untuk menayangkan dugaan penggunaan bahasa vulgar Yoon selama perjalanannya ke New York pada bulan September lalu. Kantor kepresidenan membantah tuduhan itu dan mengutuk MBC karena menyebarkan berita palsu.

Ketegangan semakin berkembang ketika kantor kepresidenan melarang wartawan MBC naik Air Force One sehari sebelum perjalanan Yoon ke Asia Tenggara. Pada hari Jumat, setelah perjalanan, Yoon menyatakan bahwa "perilaku jahat" adalah alasan mengapa reporter MBC tidak diizinkan naik, dan pergi tanpa penjelasan lebih lanjut.

Baca Juga: Jajaran Artis Terkenal Akan Jadi MC di Melon Music Awards

Seorang reporter MBC menanggapi dengan menanyakan apa yang MBC lakukan itu jahat. Reporter itu terlibat secara verbal dengan Lee Ki-jung, seorang sekretaris perencanaan hubungan masyarakat, dan Lee menuduhnya tidak sopan kepada presiden.

Setelah perselisihan, kantor kepresidenan menangguhkan pertemuan harian dengan pers oleh presiden, tetapi menambahkan tindakan itu tidak ada hubungannya dengan konflik dengan reporter MBC.

Halaman:

Editor: Icheiko Ramadhanty

Sumber: Korea Herald

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ji Min Joo Diisukan Kencan Dengan Pemain Sepak Bola

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:56 WIB

HyunA Umumkan Putus Dari DAWN

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:15 WIB

Salah Terjemahan, Timnas Korea Selatan Protes ke FIFA

Rabu, 30 November 2022 | 11:28 WIB

Kim Jonghyeon Akui Gugup Soal Debut Solonya

Selasa, 29 November 2022 | 09:46 WIB

Chuu Angkat Bicara Sejak Dikeluarkan Dari LOONA

Selasa, 29 November 2022 | 08:47 WIB
X