Ternyata Indonesia Berhasil Bikin China Cabut Larangan Streaming K-Drama

- Selasa, 22 November 2022 | 17:22 WIB
Yoon Suk Yeol dan Xi Jinping di KTT G20 Bali (Yonhap)
Yoon Suk Yeol dan Xi Jinping di KTT G20 Bali (Yonhap)

AYOVIBES.COM -- China mencabut larangan streaming online untuk produksi film Korea Selatan setelah enam tahun lamanya. Informasi ini dikatakan oleh kantor kepresidenan China, mengumumkan mereka mencabut larangan yang ditempatkan pada semua konten budaya Korea atas penyebaran sistem pertahanan rudal AS di Korea Selatan.

Keputusan itu dibuat pada kesempatan pertemuan puncak Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dengan Presiden China Xi Jinping di Indonesia pada KTT G20 pekan lalu. Informasi ini dibenarkan oleh Kim Eun-hye, sekretaris senior presiden untuk urusan pers.

Film tahun 2019 berjudul Hotel by the River yang merupakan karya sutradara Korea Selatan Hong Sang-soo, sebelumnya dilaporkan streaming di platform OTT Tiongkok.

Baca Juga: Jajaran Artis Korea yang Ramaikan Red Carpet di Emmy Internasional

"Selama KTT Korea Selatan-Cina, Presiden Yoon menekankan pentingnya pertukaran budaya dan orang-ke-orang antara masyarakat kedua negara, dan terutama perlunya komunikasi antara generasi muda," kata Kim dalam konferensi pers, Selasa 22 November 2022.

"Presiden Xi menyatakan persetujuannya saat itu. Kami percaya bahwa pada kesempatan KTT ini, China merespons dengan tindakan OTT," tambahnya.

Hiburan Korea Selatan sangat populer di China sebelum Beijing memberlakukan larangan total pada semua konten, sebagai bagian dari kampanye pembalasan ekonomi menyusul keputusan Seoul pada 2016 untuk menjadi tuan rumah baterai THAAD AS di wilayahnya.

Baca Juga: The King's Affection Jadi K-Drama Pertama yang Menang Emmy Internasional

KTT Yoon-Xi adalah pertemuan pertama antara para pemimpin kedua negara dalam hampir tiga tahun.

Dalam pertemuan yang berlangsung di sela-sela KTT G20 di Bali, Yoon mengatakan sudah waktunya bagi hubungan kedua negara untuk berkembang tidak hanya secara kuantitatif, tetapi juga secara kualitatif.

Halaman:

Editor: Icheiko Ramadhanty

Sumber: Yonhap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ji Min Joo Diisukan Kencan Dengan Pemain Sepak Bola

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:56 WIB

HyunA Umumkan Putus Dari DAWN

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:15 WIB

Salah Terjemahan, Timnas Korea Selatan Protes ke FIFA

Rabu, 30 November 2022 | 11:28 WIB

Kim Jonghyeon Akui Gugup Soal Debut Solonya

Selasa, 29 November 2022 | 09:46 WIB

Chuu Angkat Bicara Sejak Dikeluarkan Dari LOONA

Selasa, 29 November 2022 | 08:47 WIB
X