AS Sebut Korea Utara Akan Kembali Uji Coba Nuklir ICBM Dalam Waktu Dekat

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:04 WIB
ilustrasi nuklir  (pixabay.com)
ilustrasi nuklir (pixabay.com)

AYOVIBES.COM -- Para ahli Amerika Serikat (AS) menyebut Korea Utara akan melanjutkan provokasinya, dengan melakukan uji coba nuklir dan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) untuk meningkatkan kemampuannya.

Harry Kazianis, presiden think tank Project Rogue States, juga berpendapat bahwa Korea Utara saat ini akan terus memanfaatkan kesempatan untuk memajukan senjatanya.

"Saya jamin Pyongyang akan menguji ICBM dalam beberapa minggu mendatang," katanya dilansir dari Yonhap, Rabu 5 Oktober 2022.

“Sementara Korea Utara telah bekerja selama beberapa dekade untuk mengembangkan rudal andal yang dapat mengirimkan senjata nuklir, kita harus berasumsi bahwa keluarga Kim tahu bahwa Washington terganggu karena perang di Ukraina dan tidak memiliki kemampuan nyata untuk memberikan sanksi lebih lanjut atau menghentikan mereka, "tambahnya, mengacu pada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Baca Juga: Korea Selatan Bangun Laboratorium Bawah Tanah, Selidiki Misteri Alam Semesta

Sebagai informasi, Korea Utara pada hari Selasa (waktu Seoul) menembakkan rudal balistik jarak menengah yang terbang di atas Jepang, menandai peluncuran rudal kelima hanya dalam waktu seminggu.

Pyongyang sekarang telah menembakkan hampir 40 rudal balistik tahun ini. Angka ini merupakan jumlah terbesar rudal balistik yang diluncurkan dalam satu tahun.

Bruce Klingner, peneliti senior di Heritage Foundation, sebuah think tank yang berbasis di Washington, setuju bahwa provokasi rudal terbaru Korea Utara sebenarnya ditujukan untuk meningkatkan kemampuan senjatanya.

“Peluncuran rudal dapat diartikan dalam beberapa tujuan, yaitu pengembangan sistem senjata baru, pelatihan militer rutin, melaksanakan rencana perang yang diterapkan Kim setelah mengambil alih kekuasaan satu dekade lalu, pesan kekuatan dan tekad kepada rakyat Korea Utara, dan mengirim sinyal ke Washington dan Seoul," kata Klingner.

Baca Juga: Debut Solo Seulgi Red Velvet Puncaki Chart 30 Negara, Sudah Lihat Video 28 Reason?

Halaman:

Editor: Icheiko Ramadhanty

Sumber: Yonhap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ji Min Joo Diisukan Kencan Dengan Pemain Sepak Bola

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:56 WIB

HyunA Umumkan Putus Dari DAWN

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:15 WIB

Salah Terjemahan, Timnas Korea Selatan Protes ke FIFA

Rabu, 30 November 2022 | 11:28 WIB

Kim Jonghyeon Akui Gugup Soal Debut Solonya

Selasa, 29 November 2022 | 09:46 WIB

Chuu Angkat Bicara Sejak Dikeluarkan Dari LOONA

Selasa, 29 November 2022 | 08:47 WIB
X