Warga Korea Selatan Tak Percaya Korea Utara Mau Denuklirisasi

- Kamis, 22 September 2022 | 22:41 WIB
Ilustrasi bendera Korea Utara dan Korea Selatan (pixabay)
Ilustrasi bendera Korea Utara dan Korea Selatan (pixabay)

AYOVIBES.COM -- Sembilan dari 10 warga Korea Selatan skeptis tentang kemungkinan Korea Utara meninggalkan program nuklirnya. Ini merupakan sebuah data yang dihasilkan oleh sebuah survei.

Survei ini dilakukan di tengah kebuntuan yang berkepanjangan dalam hubungan antar-Korea dan pembicaraan denuklirisasi kedua negara itu.

Baca Juga: Spoiler Episode 2 Love in Contract, Park Min Young dan Go Kyung Pyo Mesra Cuci Piring Bareng

Menurut jajak pendapat terhadap 1.200 orang dewasa Korea Selatan, yang dilakukan oleh Institute for Peace and Unification Studies (IPUS) di Seoul National University, sebanyak 92,5 persen menjawab bahwa denuklirisasi Korea Utara merupakan hal yang tidak mungkin.

Hasil ini seolah mencatat persentase tertinggi sejak survei tahunan dimulai pada 2007. Jumlah responden yang mendukung persenjataan nuklir Korea Selatan juga mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar 55,5 persen, di tengah meningkatnya ancaman nuklir dari Pyongyang.

Baca Juga: Tayang Perdana, Love In Contract Puncaki Rangking 1 Ditengah Persaingan K-Drama

Survei menunjukkan bahwa 60,9 persen percaya bahwa Korea Utara yang tertutup itu, dapat terlibat dalam provokasi bersenjata. Angka ini naik 4,6 poin persentase dari tahun lalu.

Di antara mereka yang disurvei, rekor tertinggi sebanyak 31,6 persen menganggap penyatuan dengan Korea Utara adalah hal yang juga tidak mungkin terjadi. Sementara hanya 46 persen yang menjawab bahwa penyatuan itu perlu.

Jajak pendapat tersebut memiliki margin of error plus atau minus 2,8 poin persentase dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Icheiko Ramadhanty

Sumber: Yonhap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X