Mimpi Buruk yang Terulang, Wali Kota Seoul Dapat Julukan Oseidon Gara-gara Banjir

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:01 WIB
banjir di Korea Selatan (Yonhap via Korea Herald)
banjir di Korea Selatan (Yonhap via Korea Herald)

AYOVIBES.COM -- Walikota Seoul Oh Se-hoon kembali mengalami mimpi buruk untuk yang kedua kalinya selama masa jabatannya itu. Mimpi buruk Oh datang ketika Kota Seoul mengalami banjir terparah dalam sejarah.

Hal ini membuat publik Seoul memperdebatkan, seberapa besar kesalahan yang harus ditimpakan pada Oh. Bahkan, masyarakat setempat menjulukinya dengan sebutan Oseidon yang diambil dari kata Poseidon, yang berarti dewa air atau dewa laut Yunani.

Baca Juga: Korean Netizen Temukan Puntung Rokok di Ayam Goreng

Kegagalan pertamanya dalam menangani banjir Seoul terjadi di awal 2010-an. Pada September 2010, Oh baru saja terpiih kembali sebagai wali kota. Namun saat itu daerah di sekitar Gwanghwamun Plaza di Jung-gu, pusat kota Seoul, yang benar-benar dilanda banjir.

Keadaan menjadi lebih buruk pada musim panas tahun berikutnya, ketika wilayah tengah negara itu dilanda hujan lebat, yang menewaskan 69 orang dan delapan orang hilang. Di antara yang tewas adalah 16 warga yang tewas akibat tanah longsor di Gunung Umyeonsan di Seocho-gu.

Baca Juga: Tamparan Keras Untuk Walikota Seoul Saat Stasiun Gangnam Digadang-gadang Anti Banjir

Setelah tragedi itu, Oh menerima kritik karena memotong anggaran anti-bencana menjadi sepersepuluh dari tingkat sebelumnya, selama masa jabatannya selama lima tahun.

Nama Oseidon diambil dari kata Poseidon yang berarti dewa laut Yunani, panggilan itu sebagai lelucon yang mengolok-olok kemalangan Oh setiap kali Seoul mengalami banjir buruk. Dia bahkan menyadari bahwa panggilan tersebut telah disematkan untuknya.

 

Editor: Icheiko Ramadhanty

Sumber: Korea Herald

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X