Buku Digital AI Akan Dikenalkan di Sekolah Mulai 2025

- Jumat, 9 Juni 2023 | 13:23 WIB
Buku Digital AI
Buku Digital AI

AYOVIBES.COM -- Buku teks digital bertenaga Artificial intelligence (AI) yang memiliki arti kecerdasan buatan akan diperkenalkan di sekolah dasar dan menengah setempat, mulai tahun 2025, sebagai tanggapan atas meningkatnya kebutuhan akan konten pembelajaran yang bervariasi, kata Kementerian Pendidikan Korea.

Buku teks digital AI telah didorong sebagai bagian dari inovasi pendidikan digital pemerintah untuk menawarkan beragam konten pembelajaran melalui dunia maya yang diperluas metaverse dan teknologi AI interaktif.

Penggunaan buku teks digital AI juga diharapkan memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan untuk masing-masing siswa pada tingkat pembelajaran yang berbeda, kata kementerian tersebut.

Kementerian mengatakan siswa sekolah dasar kelas tiga dan empat, dan siswa sekolah menengah pertama dan atas akan menjadi penerima manfaat pertama dari buku teks yang disesuaikan secara digital yang awalnya digunakan untuk matematika, bahasa Inggris, dan informatika mulai tahun 2025.

Baca Juga: 4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Membeli Software Akuntansi

Pada tahun 2026, buku teks digital akan tersedia tambahan untuk siswa kelas lima dan enam di sekolah dasar dan kelas dua sekolah menengah, sementara empat mata pelajaran lainnya seperti bahasa Korea, studi sosial, sains dan teknologi, dan ekonomi rumah tangga akan mengalami transformasi digital. Tahun berikutnya, siswa kelas tiga sekolah menengah akan ditawari buku pelajaran digital.

Berdasarkan mata pelajaran, buku pelajaran digital akan diperkenalkan tambahan dalam sejarah pada tahun 2027, dan bahasa Korea umum sekolah menengah, studi sosial, sains, dan sejarah Korea pada tahun 2028, kata kementerian tersebut.

Dengan kata lain, buku teks digital akan diterapkan pada semua mata pelajaran mulai tahun 2028, kecuali mata pelajaran berbasis aktivitas, seperti musik, seni dan pendidikan jasmani, serta etika, di mana pendidikan tatap muka penting untuk penanaman kemanusiaan.

Berdasarkan kelas, siswa kelas satu dan dua sekolah dasar akan dikecualikan dari penggunaan buku teks digital, karena mereka dianggap terlalu muda untuk bersentuhan dengan perangkat digital.

Baca Juga: Selamat, RM BTS Jadi Duta Humas Kementerian Pertahanan Korea

Kementerian mengatakan buku teks digital AI akan mampu merekomendasikan tugas pembelajaran dasar, seperti pemahaman konsep dasar, untuk 'pelajar lambat' dan tugas pembelajaran mendalam, seperti diskusi dan penulisan esai, untuk 'pelajar cepat'.

Ia juga mencatat pengenalan buku teks digital tidak berarti hilangnya buku teks kertas dari sekolah.

Buku teks kertas dan digital akan digunakan bersama di sekolah untuk sementara waktu sampai semua siswa, orang tua, dan guru dapat menggunakan buku teks digital AI dengan terampil dan mencapai efek pendidikan yang diinginkan.

Editor: Annisa Nindya Prasanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendry Ch Bangun Terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat

Rabu, 27 September 2023 | 11:16 WIB

Terpopuler

X