Ini 10 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Jika Berlibur ke Korea Selatan

- Selasa, 12 Juli 2022 | 16:45 WIB
rumah tradisional di Korea Selatan (pixabay.com)
rumah tradisional di Korea Selatan (pixabay.com)

AYOVIBES.COM – Sering diabaikan, Korea Selatan menawarkan perpaduan budaya kuno yang mempesona, kota-kota futuristik, alam yang luar biasa, dan salah satu pemandangan kuliner paling menarik.

Dilansir dari wanderlust.co.uk, berikut Ayovibes rangkum 10 tempat dan kegiatan yang wajib kamu lakukan jika sedang mengunjungi Korea Selatan:

  1. Makan di Pasar Gwangjang

Makanan Korea Selatan terkenal di seluruh dunia. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi makanan Korea Selatan ada di Gwangjang, meokja golmok (tempat makanan) tersibuk di Seoul. Selain menikmati nokdu bindaetteok (pancake kacang hijau) dan segelas makgeolli (anggur beras susu), penduduk setempat berduyun-duyun ke sini untuk membeli kimchi yang baru disiapkan dan makanan laut segar Seoul.

  1. Mengunjungi desa kuno di Desa Hanok Jeonju

Kembali ke masa lalu di maeul (desa) indah yang menampilkan lebih dari 800 hanok (rumah kayu tradisional). Berada di bawah bayang-bayang kota modern Jeonju, desa ini didesain dengan jalan berbatu, atap ubin melengkung, dan bar kecil serta restoran yang menjual makanan tradisional favorit seperti bibimbap, yang merupakan hidangan paling terkenal dari wilayah Jeonju. Untuk menghindari keramaian, bermalamlah di salah satu wisma yang telah dipugar dengan indah atau ikuti lokakarya membuat kertas tradisional atau minuman nabati lokal. Saat matahari terbenam, asap dari dapur dan perapian melayang ke udara. Ini merupakan pemandangan yang disukai turis karena keindahannya.

Baca Juga: Aktifitas Super Junior Akan Dipadati Kegiatan Promosi Hingga Konser

  1. Pergi ke Festival Lentera Jinju

Dimulai sebagai upacara kecil untuk menghormati 70.000 pria dan wanita yang kehilangan nyawa saat melawan Jepang selama Perang Imjin, festival lentera Jinju telah menjadi salah satu yang paling berwarna dan semarak di dunia. Setiap bulan Oktober, ribuan orang berduyun-duyun ke kota selatan ini untuk menyaksikan prosesi lentera warna-warni raksasa yang mengapung di Sungai Namhan. Ada banyak lentera dengan banyak kios, yang menjual semua jenis makanan dan minuman lokal di sepanjang tepi sungai.

  1. Mendaki Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan dapat ditempuh dengan kereta bawah tanah dari pusat kota Seoul dengan hanya 45 menit. Taman Nasional Bukhansan menawarkan pemandangan dengan puncak granitnya yang megah, disertai hutan pohon maple.  Di bagian selatan taman, kamu akan menemukan puncak tertinggi Korea Selatan, Baegundae.

  1. Berani Kotor di Festival Lumpur Boryeong

Festival ini hampir sama dengan Festival La Tomatina di Spanyol sebagai salah satu festival paling chaos di dunia. Festival Lumpur Boryeong awalnya diperkenalkan sebagai cara untuk mempromosikan manfaat kesehatan dari lumpur lokal. Setelah lebih dari 20 tahun kemudian, festival itu menarik lebih dari satu juta orang yang rela ingin berkotor-kotoran dalam gulat lumpur tanpa merasa malu. Sebagian besar aksi dipusatkan di Pantai Daecheon. Di sini, peserta nantinya seperti ‘dibaptis’ dengan seember lumpur berwarna abu-abu. Setelah berenang di laut untuk membersihkan lumpur, kamu bisa memilih berbagai kegiatan yang sudah disediakan dari penyelenggara konser seperti parade dan menonton aksi kembang api. Festival ini diadakan setiap bulan Juli.

Baca Juga: Lebih Dari 17 Tahun Jadi Ikon K-pop, Super Junior Ingin Terus Bersaing Dengan Album Barunya

  1. Mengunjungi DMZ di Panmunjom

Gencatan senjata dilakukan dalam Perang Korea pada tahun 1953, tetapi perang tersebut tidak pernah secara resmi berakhir. Sebaliknya, zona demiliterisasi atau yang disebut DMZ didirikan, yang membentang 248 km dari pantai ke pantai. Tempat ini menjadi titik pertemuan antara Presiden AS Trump dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un beberapa tahun lalu. Bagi kamu yang tertarik, dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di tiga hari sebelumnya untuk keperluan dokumen yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Icheiko Ramadhanty

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi Cafe dan Restoran Bernuansa Korea di Bandung

Senin, 19 September 2022 | 06:40 WIB

Merek Mobil Asal Korea Selatan Selain KIA dan Hyundai

Senin, 12 September 2022 | 17:14 WIB

Apa Oleh-oleh Wajib Dibawa Pulang dari Korea Selatan?

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:24 WIB

Top 5 Kuliner Indonesia Favorit Idol Kpop

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:35 WIB
X